Leafleat pemberian diet tbc

Energi diberikan sesuai dengan keadaan penderita untuk mencapai berat badan normal. Dimulai dengan diagnosis kasus berupa trauma yang menyebabkan usaha penyesuaian diri secara psikis, rehabilitasi penghibur selama fase akut dan hospitalisasi awal pasien, kemudian rehabilitasi pekerjaan yang tergantung situasi individu.

Hal ini bertujuan agar sistem kekebalan tubuh Anda kuat dalam melawan infeksi sebagai penyebab TBC. Penatalaksanaan Diet 1. Inilah yang disebut dengan latent tuberculosis. Semua sumber karbohidrat diperbolehkan seperti nasi, roti, mie, makaroni kentang, dsb.

Saat memilih daging atau susu, sebaiknya pilih daging yang tidak berlemak dan susu yang rendah lemak. Mungkin terlalu rumit bagi Anda jika harus menghitung nilai gizi dari makanan yang Anda makan satu per satu. Sugiyanto, A. Minyak goreng, mentega, margarin, santan encer diperbolehkan, namun penggunaannya perlu dibatasi.

Mikrobakterium tuberkulosis adalah kuman berbentuk batang, yang mempunyai sifat khusus yaitu tahan terhadap asam pada pewarnaan, sehingga disebut pula basil tahan asam BTA. Batuk lebih dari empat minggu. Kebutuhan karbohidrat pada pasien TBC lebih dari kebutuhan karbohidrat pada orang normal.

Penyakit ini termasuk dalam penyakit infeksi yang disebabkan oleh bakteri, tetapi penyakit ini bisa diobati dan dicegah.

Diet yang Tepat untuk Mengobati Tuberkulosis (TBC)

Jika ada cairan di rongga pleura pembungkus paru-parudapat disertai dengan keluhan sakit di dada. Protein gr.

Bentuk makanan sesuai kemampuan pasien Makanan mudah cerna Makanan tidak merangsang Tabel 1: Anda bisa memakan jenis buah-buahan yang Anda suka, tidak ada pantangan.

Semua hal ini bisa membantu Anda lebih cepat sembuh dari TBC. Selain itu, pengetahuan tentang resistensi obat dan gejala infeksi juga penting untuk seleksi dari petunjuk yang paling efektif.

Akan tetapi hindari buah yang banyak mengandung lemak jahat atau gas seperti buah nangka, buah durian, dondong dan buah nanas. Juga, kurangi konsumsi makanan yang digoreng dan mengandung santan, terlebih lagi jika Anda merasa mual.

PROMOSI KESEHATAN

Pencegahan Sekunder Dengan diagnosis dan pengobatan secara dini sebagai dasar pengontrolan kasus TBC yang timbul dengan 3 komponen utama ; Agent, Host dan Lingkungan. Indikator yang digunakan dalam penilaian status gizi adalah Index Masa Tubuh dihitung dengan pembagian Berat Badan dalam kilogram dan Tinggi Badan dalam meter pangkat dua Supariasa, dengan rumus: Pencegahan Primer Dengan promosi kesehatan sebagai salah satu pencegahan TBC paling efektif, walaupun hanya mengandung tujuan pengukuran umum dan mempertahankan standar kesehatan sebelumnya yang sudah tinggi.

Bumbu tidak tajam seperti bawang merah, bawang putih, laos, salam, kecap, dsb diperbolehkan. Mengkonsumsi makanan bergizi Salah satu penyabab munculnya penyakit TBC adalah kekurangan gizi seperti mineral dan vitamin.

Sumber protein nabati Sama seperti sumber protein hewani, sumber protein nabati juga diperlukan tubuh untuk memperkuat sistem kekebalan tubuh.

Dropet yang terhirup sangat kecil ukuranya, sehingga dapat melewati sistem pertahanan mukulosilir bronkus, dan terus berjalan sehingga sampai di alveolus dan menetap disana. Gambaran secara klinis tidak terlalu khas terutama pada kasus baru, sehingga cukup sulit untuk menegakkan diagnosa secara klinik.

Bentuk yang tidak khas dari mikobakterium misalnya Myco, kansasii, myco.Leaflet Imunisasi Oleh: Niken Jayanthi I.

Pengertian Imunisasi adalah suatu cara untuk meningkatkan kekebalan pada bayi dan anak terhadap suatu antigen. II. Tujuan Imunisasi 1. Mencegah terjadinya penyakit infeksi seperti TBC, Difteri, batuk rejan, polio, campak dan hepatitis 2.

Apabila terjadi penyakit tidak akan terlalu parah dan dapat. · Diet tinggi kalori dan tinggi protein adalah diet yang mengandung lebih banyak kalori dan protein. Pronsip pembuatannya adalah dengan menambah makanan pokok. TBC atau dikenal juga dengan Tuberkulosis adalah infeksi yang disebabkan oleh basil tahan asam disingkat BTA, nama lengkapnya Mycobacterium tuberculosis.

Pada tahun WHO Global Surveillance memperkirakan di Indonesia terdapat penderita Tuberkulosis / TBC baru pertahun dengan BTA positif atau insidens rate kira-kira per penduduk.

Kematian akibat Tuberkulosis / TBC. O Scribd é o maior site social de leitura e publicação do mundo. Jikalau ada artikel yang tidak sesuai mohon untuk memberikan kritik dan saran, dan apabila ada penulis asli yang ingin artikelnya diklaim atau tidak dipublikasikan di blog.

Leafleat pemberian diet tbc
Rated 4/5 based on 8 review