Lemak diserap tubuh dalam bentuk

Contoh dari lintasan ini adalah siklus asam sitrat Siklus Kreb. Ada beberapa jaringan tubuh seperti sistem syaraf dan eritrosit, hanya dapat menggunakan enersi yang berasal dari karbohidrat saja.

Demikian pula sebaliknya, kekurangan protein pun tidak baik bagi tubuh. Lemak dapat digunakan sebagai sumber energi yang akan menggantikan glukosa dari karbohidrat. Namun, reaksi ini tidak terjadi sebaliknya, lemak tidak dapat diubah kembali menjadi protein dan karbohidrat.

Setelah diserap dan masuk ke dalam pembuluh darah, asam amino tersebut sebagian besar langsung digunakan oleh jaringan. VLDL membawa lemak dari hati dan mengirim trigliserid ke sel-sel tubuh.

Walaupun lemak menghasilkan enersi lebih besar, namun karbohidrat lebih banyak di konsumsi sehari-hari sebagai bahan makanan pokok, terutama pada negara sedang berkembang.

Lipoprotein lipase yang akan memecah kilomikron menjadi asam lemak untuk digunakan sebagai energi atau disimpan dalam jaringan adpiosa lemak di bawah jaringan kulit hipodermis. Pembentukan trigliserida dalam hati akan meningkat apabila makanan sehari-hari mengandung karbohidrat yang berlebihan.

Jenis-jenis makanan yang banyak mengandung kolesterol antara lain daging sapi maupun unggasikan dan produk susu. Pada sel eukariotik, glikolisis terjadi di sitoplasma sitosol. HDL membawa kelebihan kolesterol dari dalam sel untuk dibuang.

Kesulitan bernapas terjadi karena meningkatnya tingkat keasaman dan jumlah CO2 yang tertimbun. Karbohidrat atau Hidrat Arang adalah suatu zat gizi yang fungsi utamanya sebagai penghasil enersi, dimana setiap gramnya menghasilkan 4 kalori.

Fungsi utama Trigliserida adalah sebagai zat energi. Satu gram protein dapat menghasilkan energi sebesar 4 kalori.

Enzim — enzim pencernaan akan memecah lemak dan kemudian lemak akan diserap oleh tubuh dan kemudian diedarkan ke seluruh tubuh tumbuhan. Monosakarida dibawa oleh aliran darah sebagian besar menuju hati dan sebagian lainnya dibawa ke sel jaringan tertentu dan mengalami proses metabolisme lebih lanjut.

Sebagian lagi dari kolesterol dikeluarkan melalui saluran empedu tanpa dimetabolisme menjadi asam empedu kemudian organ hati akan mendistribusikan kolesterol ke jaringan tubuh lainnya melalui jalur endogen.

Pengertian dan Proses Metabolisme Lemak di dalam Tubuh

Pada tahap 3, molekul berkarbon 2 dioksidasi dan mengikat Ko-A koenzim A sehingga terbentuk asetil Ko-A. Glikogen ini disimpan di hati dan otot sebagai cadangan energi jangka pendek.

Lemak akan diubah menjadi keton untuk dapat masuk ke jalur glikolisis pemecahan glukosa.Lemak nabati misalnya terdapat dalam buah alpukat, kacang-kacangan, dan minyak tumbuhan, sedangkan lemak hewani terdapat dalam daging, telur, susu hewan, ikan, serta berbagai olahannya.

Baik lemak nabati maupun lemak hewani, meskipun struktur dan susunannya sedikit berbeda, namun di dalam tubuh keduanya dicerna dengan proses yang sama.

Kebutuhan tubuh akan enersi merupakan prioritas pertama; bila karbohidrat yang di konsumsi tidak mencukupi untuk kebutuhan enersi tubuh dan jika tidak cukup terdapat lemak di dalam makanan atau cadangan lemak yang disimpan di dalam tubuh, maka protein akan menggantikan fungsi karbohidrat sebagai penghasil enersi.

Dalam bentuk inilah kolesterol dan lemak yang ada disalurkan ke seluruh tubuh.

PAPER METABOLISME KARBOHIDRAT, PROTEIN DAN LIPID/LEMAK

Pendistribusian lemak dan kolesterol dalam darah dilakukan melalui 2 jalur yakni jalur eksogen dan jalur endogen. Mari kita simak masing-masing.

Karbohidrat diserap tubuh dalam 2 bentuk;monosakarida (gula sederhana seperti glukosa, fruktosa, dan galaktosa yang tidak bisa lagi diurai dengan hydrolisa) atau dalam bentukdisakarida (karbohidrat seperti sukrosa, laktosa, maltosa dan dextrin yang dapat dihidrolisasi menjadi dua monosakarida).protein diserap tubuh dlm bentuk asam amino.

Lemak akan dikatabolik menjadi tryglyserol yang dapat menjadi VLDL (very low density lipoproteins = lemak jahat) atau LDL (low densisty lipoproteins) berdasarkan pada jenis lemak yang masuk ke dalam tubuh.

Pengertian dan Bagaimana Proses Metabolisme Lemak di dalam Tubuh

VLDL dapat berpengaruh buruk bagi tubuh, karena mampu menyebabkan aterosklerosis (penyumbatan oleh lemak). Glukosa merupakan karbohidrat terpenting.

Dalam bentuk glukosalah massa karbohidrat makanan diserap ke dalam aliran darah, atau ke dalam bentuk glukosalah karbohidrat dikonversi di dalam hati, serta dari glukosalah semua bentuk karbohidrat lain dalam tubuh dapat dibentuk.

Lemak diserap tubuh dalam bentuk
Rated 3/5 based on 69 review