Metabolisme protein biokimia

Poedjiadi, Asam-asam amino yang menjalani jalur metabolik melalui asam piruvat ialah alanin, sistein, glisin, serin dan treonin. Reaksi ini merupakan jalur utama yang terjadi dalam hati vertebrata. Segera setelah makan makanan sumber protein, konsentrasi asam amino dalam darah akan meningkat sekitar 5 mg sampai 10 mg per mg darah.

Setelah proses transkripsi selesai maka m-RNA akan segera bergerak meningggalkan inti sel menuju sitoplasma untuk melakukan proses selanjutnya translasi. Sebagai tempat membangun protein-protein itu dalah didalam ribosom. Penjelasan tentang Proses Metabolisme Protein http: Treonin Treonin adalah asam amino esensial bagi manusia, karena menjadi salah satu dari 20 asam amino penyusun protein.

Oleh sebab itu, reaksi ini termasuk dalam reaksi dehidrasi. Sekuens asam amino menentukan bagaimana cara molekul melipat untuk menghasilkan protein yang aktif secara biologis. Ikatan peptida ini akan terwujud apabila gugusan karboksil dari asam amino yang satu bergabung dengan gugusan amino dari asam amino yang lain.

Pindahnya gugus ini menyebabkan senyawa donor berubah menjadi S-adenosil-metionin yang setelah dihidrolisis menjadi homosistein dan adenosin bebas.

Pengertian dan Proses Metabolisme Protein yang Terjadi Dalam Tubuh

Senyawa terakhir ini kemudian berubah menjadi sistein dengan bantuan enzim sistationin-liase, yang dapat dihambat oleh hasil akhirnya sistein. DNA merupakan dua rantai polinukleotida yang saling terpilin membentuk double helix. Menyampaikan informasi genetik dari suatu generasi ke generasi berikutnya.

Metabolisme Protein dalam Tubuh

Transkripsi berlangsung di dalam inti sel. Sintesis RNA selalu bergerak ke satu arah. Emil Fisher merupakan orang yang pertama berhasil menyusun molekul protein dengan cara menggandeng-gandengkan 15 molekul glisin dengan molekul leusin sehingga diperoleh suatu polipeptida.

Metabolisme protein merupakan metabolisme dari asam amino itu sendiri dan merupakan suatu rangkaian asam amino. Rantai samping dapat membuat asam amino bersifat asam lemah, basa lemah, hidrofilik jika polar, dan hidrofobik jika nonpolar.

Protein tidak bisa disimpan sebagai protein dalam jaringan ,oleh sebab itu harus dipecah terlebih dahulu. Translasi Dalam translasi, terjadi pamelekatan antara Trna dengan asam amino.

Dengan demikian, akan diperoleh molekul protein yang berat molekulnya. Asam Amino Dalam Darah Jumlah asam amino dalam darah tergantung dari jumlah yang diterima dan jumlah yang digunakan.

Berdasarkan eksperimen di atas serta diperkuat oleh pendapat G. Asam amino ini disebut asam amino esensial dan harus diperoleh dari makanan. Karena protein merupakan protein kompleks, sebaiknya dipecah dahulu membentuk molekul-molekul protein.Protein lain memiliki fungsi struktural atau mekanis, seperti protein yang membentuk sitoskeleton, sistem perancah yang mempertahankan bentuk sel.

Protein juga penting dalam isyarat sel, tanggapan imun, sel, transpor aktif di seluruh membran, dan siklus sel. Metabolisme berasal dari bahasa Yunani ‘metabolismos’ yang artinya ‘perubahan’.

Metabolisme adalah semua reaksi-reaksi biokimiawi yang terjadi di dalam tubuh makhluk hidup sampai tingkat seluler. Sama seperti makronutrisi karbohidrat dan lemak, ada metabolisme protein yang terjadi dalam tubuh organisme.

Ketiga metabolisme ini saling berhubungan dan memainkan peranan penting dalam. Metabolisme diatur oleh protein, seperti kadar hormon-hormon dalam tubuh dan berbagai aktivitas yang di dalamnya berkuasa atas peran protein.

Dalam pembelahan sel di dalamnya juga terdapat peran protein yakni bertindak mengisi sel-sel yang rusak, serta menjamin pasokan kontan sel-sel yang sehat.

“Metabolisme Protein” MAKALAH Disusun Untuk Memenuhi Tugas Mata Kuliah Metabolisme Dosen: Dr. Prima Endang Susiliwati, lawsonforstatesenate.com Oleh: ANINGSI SRIWATI (G2L1 15 ) PROGRAM STUDI PASCASARJANA KIMIA UNIVERSITAS HALU OLEO KENDARI. Saat menjelang proses transkripsi berjalan, biasanya didahului signaldari luar akan kebutuhan suatu protein atau molekul lain yang dibutuhkan untuk proses pertumbuhan, perkembangan, metabolisme, dan fungsi lain di tingkat sel maupun jaringan.

Proses metabolisme protein dimulai dari proses pencernaan di mulut sampai menunjukan usus halus sampai di usus halus, dilanjutkan dengan proses metaabolisme asam amino. Protein di absorpsi di usus halus dalam bentuk asam amino masuk kedalam darah.

Dalam Author: Fachrurrozies.

Metabolisme protein biokimia
Rated 0/5 based on 91 review