Pengertian diet diabetes mellitus.pdf

Meskipun merokok tidak berkaitan langsung dengan timbulnya intoleransi glukosa, tetapi merokok dapat memperberat komplikasi kardiovaskular dari intoleransi glukosa dan DM tipe 2.

Diabetes melitus tipe 1, yakni diabetes mellitus yang disebabkan oleh kurangnya produksi insulin oleh pankreas. Diabetes melitus tipe 2, yang disebabkan oleh resistensi insulin, sehingga penggunaan insulin oleh tubuh menjadi tidak efektif.

Bila terdapat penurunan kesadaran pada penyandang DM harus selalu dipikirkan kemungkinan terjadinya hipoglikemia. Komplikasi makrovaskular ikut berperan dan menyebabkan gangguan aliran darah, penyulit komplikasi jangka panjang, dan peningkatan mortalitas.

Kebanyakan kasus DM tipe 2 terjadi sesudah umur 40 tahun. Kemudian sensasi raba dan nyeri menghilang. Pemeriksaan glukosa plasma puasa keluhan klasik. Komplikasi yang disebabkan oleh penyakit diabetes dapat menyebabkan kerusakan pada pembuluh darah dan syaraf yang berdampak pada penyakit gagal jantung, stroke, gagal ginjal, luka yang tidak kunjung sembuh, kesemutan dan berbagai penyakit sistemik lainnya.

Namun, dengan menigkatnya insidensi obesitas di negara barat dan onsetnya yang semakin dini, saat ini terjadi peningkatan frekuensi DM tipe 2 pada orang dewasa muda dan anak-anak. Transmisi genetik adalah paling kuat dan contoh terbaik terdapat dalam diabetes awitan dewasa muda MODY, maturity-onset diabetes of the youngyaitu subtipe penyakit DM yang diturunkan dengan pola autosomal dominan.

Hiperglikemia yang berlangsung dalam waktu lama akan menyebabkan kerusakan serius pada sistem tubuh kita, terutama pada saraf dan pembuluh darah. Diagnosis tidak dapat ditegakkan atas dasar adanya glukosuria. Jika hiperglikeminya berat dan melebihi ambang ginjal untuk zat itu, maka timbul glikosuria.

Ancaman paling serius terhadap penglihatan adalah retinopati diabetik, atau kerusakan pada retina karena tidak mendapatkan oksigen.

Untuk pencegahan sekunder ditujukan terutama pada pasien baru. Universitas Sumatera Utara Materi penyuluhan termasuk upaya rehabilitasi yang dapat dilakukan untuk mencapai kualitas hidup yang optimal.

Definisi dan Tipe Diabetes

Peningkat sensitivitas terhadap insulin: Hiperglikemia Krisis hiperglikemia merupakan komplikasi akut yang dapat terjadi pada DM, baik tipe 1 maupun tipe 2.

Selain tipe-tipe diabetes melitus, terdapat pula keadaan yang disebut prediabetes.

Pengertian Diabetes Mellitus dan Dampaknya

Bila kadar gula darah tinggi dalam beberapa minggu, maka kadar HbA1C akan tinggi pula. Golongan Sulfonilurea mempunyai efek utama meningkatkan sekresi insulin oleh sel beta pankreas, dan merupakan pilihan utama untuk pasien dengan berat badan normal dan kurang. Terbentuk jaringan-jaringan infark jaringan yang mati yang diikuti neuvaskularisasi pembentukan pembuluh barubertunasnya pembuluh-pembuluh lama.

Pada DM terjadi kerusakan pada lapisan sel endotel arteri dan dapat disebabkan secara langsung oleh tingginya kadar glukosa dalam darah, metabolit glukosa, atau tingginya kadar asam lemak dalam darah yang sering dijumpai pada pasien DM.

Konsumsi makanan yang tinggi energi dan tinggi lemak, selain aktivitas fisik yang rendah, akan mengubah keseimbangan energi dengan disimpannya energi sebagai lemak simpanan yang jarang digunakan.

Sebagian besar disebabkan langsung oleh tingginya konsentrasi glukosa darah. Sewaktu berespons terhadap virus atau obat, sistem imun mungkin gagal mengenali sel prankreas. Jika jumlah insulin dalam tubuh tidak cukup, atau jika sel-sel tubuh tidak memberikan respon terhadap insulin resisten terhadap insulinmaka akan terjadi penumpukan gula di dalam darah.

Pencegahan Primer Pencegahan primer berarti mencegah terjadinya Diabetes Mellitus.

Sehingga Diabetes Mellitus dapat diartikan sebagai air semanis madu yang dialirkan melalui tubuh penderita melalui mulut hingga dikeluarkan melalui kandung kemih. Penghambat glukoneogenesis: Ikatan HbA1C yang terbentuk bersifat stabil dan dapat bertahan hingga bulan sesuai dengan usia sel darah merah.

Terjadi poliuria dan dehidrasi.lawsonforstatesenate.comogi Tiga jenis utama diabetes meliputi: Type 1 Diabetes Jenis yang paling umum dari diabetes pada anak-anak adalah diabetes tipe Diet Bagi Diabetes Mellitus.

diet sangat penting dalam pengobatan penderita diabetes. Sebuah program pengaturan latihan dan perhatian terhadap kebersihan pribadi yang penting bagi keseluruhan program.

Abstract. The cause is unknown  Type 2 DM begins with insulin resistance, a condition in which cells fail to respond to insulin properly.

As the disease progresses a lack of insulin may also develop. This form was previously referred to as "non insulin-dependent diabetes mellitus" (NIDDM) or. diabetes" dengan slogan "Diabetes: protect our future" dan pesan kunci "Make healthy food the easy choice, Healthy eating: make the right choice, Healthy eating begins with breakfase' Estimasi terakhir IDF, terdapat juta orang yang hidup dengan diabetes di dunia pada tahun Figure Screening and diagnostic criteria for gestational diabetes mellitus aSome clinicians may use a 1-hr threshold of or mg/dL, though the ADA recommends mg/dL.

In addition, some clinicians may begin empiric therapy for GDM if the step 1 plasma glucose result is > mg/dL and not proceed to step 2, though.

Pengertian Diabetes Mellitus. Diabetes Mellitus merupakan suatu penyakit yang ditandai dengan kadar glukosa darah melebihi normal. Insulin yang dihasilkan oleh kelenjar pankreas sangat penting untuk menjaga keseimbangan kadar glukosa darah yaitu untuk orang normal (non diabetes) waktu puasa antara mg/dL dan dua jam sesudah makan.

Diabetes melitus tipe 1, yakni diabetes mellitus yang disebabkan oleh kurangnya produksi insulin oleh pankreas. Diabetes melitus tipe 2, yang disebabkan oleh resistensi insulin, sehingga penggunaan insulin oleh tubuh menjadi tidak efektif.

Diabetes gestasional.

Pengertian diet diabetes mellitus.pdf
Rated 4/5 based on 37 review